Pages - Menu

Sabtu, 20 September 2014

Suku Sasak Di Lihat dari 7 unsur Kebudayaan



BAB II
PEMBAHASAN

A.      Pulau Lombok
Pulau Lombok (jumlah penduduk pada tahun 2001: 2.722.123 jiwa) adalah sebuah pulau di kepulauan Sunda Kecil atau Nusa Tenggara yang terpisahkan oleh Selat Lombok dari Bali di sebelat barat dan Selat Alas di sebelah timur dari Sumbawa. Pulau ini kurang lebih berbentuk bulat dengan semacam "ekor" di sisi barat daya yang panjangnya kurang lebih 70 km. Luas pulau ini mencapai 5.435 km², menempatkannya pada peringkat 108 dari daftar pulau berdasarkan luasnya di dunia. Kota utama di pulau ini adalah Kota Mataram.
1.    Pembagian Administratif
Lombok termasuk provinsi Nusa Tenggara Barat dan pulau ini sendiri dibagi menjadi 4 kabupaten dan 1 kotamadya:
a)  Kotamadya Mataram
b)  Kabupaten Lombok Barat
c)   Kabupaten Lombok Tengah
d)  Kabupaten Lombok Timur
e)   Kabupaten Lombok Utara
2.    Demografi
Sekitar 80% penduduk pulau ini adalah suku Sasak, sebuah suku bangsa yang masih dekat dengan suku bangsa Bali, tetapi sebagian besar memeluk agama Islam. Sisa penduduk adalah orang BaliJawaTionghoa dan Arab.
3.    Bahasa
Disamping bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional, penduduk pulau Lombok (terutama suku Sasak), menggunakan bahasa Sasak sebagai bahasa utama dalam percakapan sehari-hari. Di seluruh Lombok sendiri bahasa Sasak dapat dijumpai dalam empat macam dialek yang berbeda yakni dialek Lombok utara , tengah, timur laut dan tenggara. Selain itu dengan banyaknya penduduk suku Bali yang berdiam di Lombok (sebagian besar berasal dari eks Kerajaan Karangasem), di beberapa tempat terutama di Lombok Barat dan Kotamadya Mataram dapat dijumpai perkampungan yang menggunakan bahasa Bali sebagai bahasa percakapan sehari-hari.
B.       Suku Sasak
Suku Sasak adalah suku bangsa yang mendiami pulau Lombok dan menggunakan bahasa Sasak. Sebagian besar suku Sasak beragama Islam, asal nama sasak kemungkinan berasal dari kata sak-sak yang artinya sampan. Dalam Kitab Negara Kertagama kata Sasak disebut menjadi satu dengan Pulau Lombok. Yakni Lombok Sasak Mirah Adhi. Dalam tradisi lisan warga setempat kata sasak dipercaya berasal dari kata "sa'-saq" yang artinya yang satu. Kemudian Lombok berasal dari kata Lomboq yang artinya lurus. Maka jika digabung kata Sa' Saq Lomboq artinya sesuatu yang lurus. banyak juga yang menerjemahkannya sebagai jalan yang lurus. Lombo Mirah Sasak Adi adalah salah satu kutipan dari kakawin Nagarakretagama ( Desa warnana ), sebuah kitab yang memuat tentang kekuasaan dan kepemerintahaan kerajaan Majapahit, gubanan Mpu Prapanca. kata "lombok" dalam bahasa kawi berarti lurus atao jujur, "Mirah" berarti permata, "sasak" berarti kenyataan dan "adi" artinya yang baik atau yang utama. Maka Lombok Mirah Sasak Adi berarti kejujuran adalah permata kenyataan yang baik atau utama.

1.    Bahasa Sasak
Bahasa Sasak dipakai oleh masyarakat Pulau Lombok, provinsi Nusa Tenggara Barat. Bahasa ini mempunyai gradasi sebagaimana bahasa Bali dan bahasa Jawa. Bahasa Sasak serumpun dengan bahasa Sumbawa.
Bahasa Sasak mempunyai dialek-dialek yang berbeda menurut wilayah, bahkan dialek di kawasan Lombok Timur kerap sukar dipahami oleh para penutur Sasak lainnya. Sebagai contoh, kawasan antar rukun warga (RW) yang hanya berjarak 500 meter sudah memiliki dialek yang sangat berbeda.
a.       Dialek bahasa Sasak
Bahasa Sasak biasanya dibagi menjadi lima dialek:
1)       Kuto-Kute (Utara),
2)       Ngeto-Ngete (Timur laut)
3)       Meno-Mene (Tengah)
4)       Ngeno-Ngene (Timur tengah, Barat tengah)
5)       Meriaq-Mriku (selatan tengah)
Beberapa kosakata bahasa sasak
aku = aku
balé = rumah
pacu = rajin
tokol = uduk
nine = cewek
tiang = saya
baruq = baru saja
lekaq, ajaq = bohong
nganjeng = berdiri
mame = cowok
side = kamu
kodeq = kecil
tetu = benar
merarik = nikah
kereng = sarung
tampi aseh = terima kasih
beleq = besar
ore = berantakan
dedare = gadis
mele = mau
kaken = makan
tangkong = baju
brembe = bagaimana
bebalu = janda
pire = berapa
kanggo = memakai
mbé = mana
ceket = pandai

papuk nine = nenek
mesaq = sendiri
iku, tie = itu
sai = siapa
ndeq = tidak
papuk mame = kakek
tindok = tidur

2.    Sistem Religi
Sebagian besar penduduk pulau Lombok terutama suku Sasak menganut agama Islam. Agama kedua terbesar yang dianut di pulau ini adalah agama Hindu, yang dipeluk oleh para penduduk keturunan Bali yang berjumlah sekitar 15% dari seluruh populasi di sana. Penganut Kristen, Buddha dan agama lainnya juga dapat dijumpai, dan terutama dipeluk oleh para pendatang dari berbagai suku dan etnis yang bermukim di pulau ini. Organisasi keagamaan terbesar di Lombok adalah Nahdlatul Wathan (NW), organisasi ini juga banyak mendirikan lembaga pendidikan Islam dengan berbagai level dari tingkat terendah hingga perguruan tinggi.
Di Kabupaten Lombok Utara, tepatnya di daerah Bayan, terutama di kalangan mereka yang berusia lanjut, masih dapat dijumpai para penganut aliran Islam Wetu Telu (waktu tiga). Tidak seperti umumnya penganut ajaran Islam yang melakukan salat lima kali dalam sehari, para penganut ajaran ini mempraktikan salat wajib hanya pada tiga waktu saja. Konon hal ini terjadi karena penyebar Islam saat itu mengajarkan Islam secara bertahap dan karena suatu hal tidak sempat menyempurnakan dakwahnya.

3.    Sistem Teknologi Suku sasak
a.    Rumah Adat
Sebagai penduduk asli, suku Sasak telah mempunyai sistem budaya sebagaimana tertulis dalam kitab Nagara Kartha Garna karangan Empu Nala dari Majapahit. Dalam kitab tersebut, suku Sasak disebut “Lomboq Mirah Sak-Sak Adhi.” Jika saat kitab tersebut dikarang suku Sasak telah mempunyai sistem budaya yang mapan, maka kemampuannya untuk tetap eksis sampai saat ini merupakan salah satu bukti bahwa suku ini mampu menjaga dan melestarikan tradisinya. Salah satu bentuk dari bukti kebudayaan suku Sasak adalah bentuk bangunan  rumah adatnya.
Rumah adat dibangun berdasarkan nilai estetika dan local wisdom masyarakat, seperti halnya rumah tradisional suku Sasak di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Suku Sasak mengenal beberapa jenis bangunan sebagai tempat tinggal dan juga tempat penyelanggaraan ritual adat dan ritual keagamaan.
Atap rumah Sasak terbuat dari jerami dan berdinding anyaman bambu (bedek). Lantainya dibuat dari tanah liat yang dicampur dengan kotoran kerbau dan abu jerami. Seluruh bahan bangunan (seperti kayu dan bambu) untuk membuat rumah adat tersebut didapatkan dari lingkungan sekitar mereka, bahkan untuk menyambung bagian-bagian kayu tersebut, mereka menggunakan paku yang terbuat dari bambu. Rumah adat suku Sasak hanya memiliki satu pintu berukuran sempit dan rendah, dan tidak memiliki jendela.
Orang Sasak juga selektif dalam menentukan lokasi tempat pendirian rumah. Mereka meyakini bahwa lokasi yang tidak tepat dapat berakibat kurang baik kepada yang menempatinya. Misalnya, mereka tidak akan membangun rumah di atas bekas perapian, bekas tempat pembuangan sempah, bekas sumur, dan pada posisi jalan tusuk sate atau susur gubug. Selain itu, orang Sasak tidak akan membangun rumah berlawanan arah dan ukurannya berbeda dengan rumah yang lebih dahulu ada. Menurut mereka, hal tersebut merupakan perbuatan melawan tabu (maliq-lenget).
Rumah adat suku Sasak pada bagian atapnya berbentuk seperti gunungan, menukik ke bawah dengan jarak 1,5 sampai 2 meter dari permukaan tanah (fondasi). Atap dan bubungannya (bungus) terbuat dari alang-alang, dindingnya dari anyaman bambu (bedek), hanya mempunyai satu berukuran kecil dan tidak ada jendelanya. Ruangannya dibagi menjadi ruang induk meliputi bale luar ruang tidur dan bale dalem berupa tempat menyimpan harta benda, ruang ibu melahirkan sekaligus ruang disemayamkannya jenazah sebelum dimakamkan. Ruangan bale dalem juga dilengkapi amben, dapur, dan sempare (tempat menyimpan makanan dan peralatan rumah tanggan lainnya) tersebut dari bambu ukuran 2x2 meter persegi. Kemudian ada sesangkok (ruang tamu) dan pintu masuk dengan sistem sorong (geser). Di antara bale luar dan bale dalem ada pintu dan tangga (tiga anak tangga) dan lantainya berupa campuran tanah kotoran kerbau/kuda, getah, dan abu jerami.
Bangunan rumah dalam komplek perumahan Sasak terdiri dari beberapa macam, diantaranya adalah Bale Tani, Bale Jajar, Berugag/Sekepat, Sekenam, Bale Bonter, Bale Beleq Bencingah, dan Bele Tajuk. Dan nama bangunan tersebut disesuaikan dengan fungsi dari masing-masing tempat.
1)   Bale Tani
Adalah bangunan rumah untuk tempat tinggal masyarakat Sasak yang berprofesi sebagai petani
2)   Bale Jajar
Merupakan bangunan rumah tinggal orang Sasak golongan ekonomi menengan ke atas. Bentuk Bale Jajar hampir sama dengan Bale Tani, yang membedakan adalah jumlah dalem balenya.
3)   Sekepat
Berfungsi sebagai tempat menerima tamu, karena menurut kebiasaan orang Sasak, tidak semua orang boleh masuk rumah. Berugaq / sekupat juga digunakan pemilik rumah yang memiliki gadis untuk menerima pemuda yang datang midang (melamar).
4)   Sekenam
Digunakan sebagai tempat kegiatan belajar mengajar tata krama, penanaman nilai-nilai budaya dan sebagai tempat pertemuan internal keluarga.
5)   Bale Bonter
Dipergunakan sebagai ternopat pesangkepan / persidangan adat, seperti: tempat penyelesaian masalah pelanggaran hukum adat, dan sebagainya. Umumnya bangunan ini dimiliki oleh para perkanggo /Pejabat Desa, Dusun/kampung.
6)   Bale Beleq Becingah
Adalah salah satu sarana penting bagi sebuah Kerajaan. Bale Beleqdiperuntukkan sebagai tempat kegiatan besar Kerajaan sehingga sering juga disebut “Becingah”.
7)   Bale Tajuk
Merupakan salah satu sarana pendukung bagi bangunan rumah tinggal yang memiliki keluarga besar. Tempat ini dipergunakan sebagai tempat pertemuan keluarga besar dan pelatihan macapat takepan, untuk menambah wawasan dan tata krama.
8)   Bale Gunung Rate
Bale gunung rate biasanya dibangun oleh masyarakat yang tinggal di lereng pegunungan, sedangkan bale balaq dibangun dengan tujuan untuk menghindari banjir, oleh karena itu biasanya berbentuk rumah panggung.

b.    Benda-benda
1)   Sabuk Belo
Sabuk belo adalah sabuk yang panjangnya 25 meter dan merupakan warisan turun temurun masyarakat Lombok khususnya yang berada di Lenek Daya.
2)   Gendang Beleq
Salah satu alat musik berupa gendang berbentuk bulat dengan ukuran yang besar. Gendang beleq ini tediri dari 2 jenis yang disebut gendang mama (yang dimainkan oleh laki-laki) dan gendang nina (yang dimainkan oleh perempuan). Konon, pada jaman dahulu, musik Gendang Beleq digunakan untuk mengantar prajurit yang hendak berangkat berperang. Sekarang alat musik ini sering digunakan untuk mengiringi rombongan pengantin atau menyambut tamu-tamu kehormatan. Gendang ini digunakan sebagai pembawa dinamika dalam kesenian Gendang Beleq.
3)   Ende
Sebuah perisai yang terbuat dari kulit lembu atau kerbau. Ende (perisai) ini dipergunakan dalam kesenian bela diri yang disebutPeriseian. Periseian adalah kesenian bela diir yang sudah ada sejak jaman kerajaan-kerajaan di Lombok, awalnya dalah semacam latihan pedang dan perisai sebelum berangkat ke medan pertempuran.
4)   Peralatan Untuk Bekerja
Masyarakat sasak memiliki alat-alat penunjang untuk mereka bekerja, antara lain pacul (tambah), bajak (tenggalae), alat untuk meratakan tanah (rejak), parang, kodong, ancok dan lain sebagainya. Alat-alat tersebut digunakan masyarakat sasak untuk bekerja, baik sebagai petani, berkebun atau berladang.
5)   Peralatan Untuk Membangun Rumah
Peralatan-peralatan yang digunakan masyarakat suku sasak untuk membangun rumah adat mereka antara lain jerami dan alang-alang yang digunakan untuk membuat atap rumah mereka, bedek (anyaman dari bambu yang digunakan untuk membuat dinding), kayu-kayu penyangga, getah pohon kayu bantem dan bajur, kotoran kerbau atau kuda sebagai bahan campuran untuk mengeraskan lantai, abu jerami yang digunakan sebagai campuran mengeraskan lantai.
4.    Sistem Mata Pecaharian Suku Sasak
Secara tradisional mata pencaharian terpenting dari sebagian besar orang Sasak adalah dalam lapangan pertanian. Dalam lapangan pertanian mereka bertanam padi sawah, padi ladang, jagung, ubi kayu, ubi jalar, kacang tanah, kedele, sorgum. Selain itu, mereka mengusahakan kebun kelapa, tembakau, kopi, tebu. Perternakan merupakan mata pencaharian sambilan. Mereka beternak sapi, kerbau dan unggas. Mata pencaharian lain adalah usaha kerajinan tangan berupa anyaman, barang-barang dari rotan, ukir-ukiran, tenunan, barang dari tanah liat, barang logam, dan lain-lain. Di daerah pantai mereka juga menjadi nelayan. Dalam rangka mata pencaharian tadi mereka menggunakan teknologi berupa pacul (tambah), bajak (tenggale), parang, alat untk meratakan tanah (rejak), kodong, ancok, dan lain-lain.
Menurut data dari pemerintah Lombok Timur, mata pencaharian penduduk di Kabupaten Lombok Timur sebagian besar dari sektor pertanian (59,55 %), selebihnya dari sektor perdagangan, hotel , restauran 11,95 %; jasa-jasa 9,14 %; industri 8,83 % dan lain-lain 10,53 %. Keadaan ini juga diperlihatkan dari pola penggunaan lahan yang ada, yaitu permukiman 5,01 %; pertanian (sawah, lahan kering, kebun, perkebunan) 48 %; hutan 34 %; tanah kosong (tanduns, kritis) 1 %; padang (alang, rumput dan semak) 9 %; perairan 0,6 %; pertambangan 0,2 % dan lain-lain penggunaan 5 %.
Salah satu yang menjadi ciri khas dari suku sasak di Lombok – Nusa Tenggara Barat adalah para wanita suku Sasak yang pandai menenun. Hasil tenun yang terkenal yaitu Tenun Ikat yang dihasilkan oleh tangan-tangan terampil wanita suku sasak. Bagi masyarakat suku sasak, kedewasaan wanita yang siap untuk berkeluarga dapat dilihat dari seberapa pandai wanita tersebut membuat kain tenun ikat. Ini bisa dijadikan acuan bahwa wanita suku sasak yang sudah pandai menenun, dia sudah dianggap menjadi wanita dewasa dan layak berkeluarga. Keahlian menenun juga akan berdampak baik bagi kehidupan keluarga nantinya. Dengan pandai menenun, wanita suku sasak dapat membantu perekonomian keluarga yang biasanya para lelaki suku sasak hanya mendapatkan uang dari hasil berkebun atau berladang.
Kain tenun yang dihasilkan oleh suku sasak , Lombok – Nusa Tenggara Barat dibuat dengan cara-cara yang masih sangat tradisional. Alat-alat tradisional yang mereka pakai masih tetap sama seperti apa yang digunakan oleh nenek moyang mereka. Bahan-bahan yang digunakam juga berasal dari alam.
Mereka menggunakan benang-benang yang berasal dari serat-serat tumbuhan seperti serat nanas, serat pisang, kapas dan dari kulit kayu. Warna-warni dari kain berasal dari warna alami tanpa ada campuran bahan kimia, namun dengan itu membuat kualitas kain tenun ikat yang dihasilkan masyarakat suku sasak memiliki kualitas yang buruk, justru karena keunikan dan kekhasannya yang berasal dari alam, kain tenun hasil masyarakat suku sasak bernilai kualitas dan harga tinggi.
Pada awalnya, kerajinan tenun ikat digunakan untuk busana pesta, busana pemimpin adat, maupun busana kaum bangsawan. Namun seiring perkembangan jaman, kedudukan tenun ikat ini meluas menjadi salah satu komoditi dari suku Sasak. Dan selain sebagai mata pencaharian sehari-hari, kegiatan menenun ini juga mereka jadikan sebagai daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung, baik wisatawan local maupun wisatawan mancanegara sangat meminati kain tenun ikat buatan masyarakat suku sasak ini.

5.    Sistem Kemasyarakatan Suku Sasak
a.    Pelapisan Sosial
Di daerah lombok secara umum terdapat 3 Macam lapisan sosial masyarakat :
1)   Golongan Ningrat ; Golongan ini dapat diketahui dari sebutan kebangsawanannya. Sebutan keningratan ini merupakan nama depan dari seseorang dari golongan ini. Nama depan keningratan ini adalah ” lalu ” untuk orang-orang ningrat pria yang belum menikah. Sedangkan apabila merka telah menikah maka nama keningratannya adalah ” mamiq “. Untuk wanita ningrat nama depannya adalah ” lale”, bagi mereka yang belum menikah, sedangkan yang telah menikah disebut ” mamiq lale”.
2)    Golongan Pruangse ; kriteria khusus yang dimiliki oleh golongan ini adalah sebutan “  bape “, untuk kaum laki-laki pruangse yang telah menikah. Sedangkan untuk kaum pruangse yang belum menikah tak memiliki sebutan lain kecuali nama kecil mereka, Misalnya seorang dari golongan ini lahir dengan nama si ” A ” maka ayah dari golongan pruangse ini disebut/dipanggil ” Bape A “, sedangkan ibunya dipanggil ” Inaq A “. Disinilah perbedaan golongan ningrat dan pruangse.
3)    Golongan Bulu Ketujur ; Golongan ini adalah masyarakat biasa yang konon dahulu adalah hulubalang sang raja yang pernah berkuasa di Lombok. Kriteria khusus golongan ini adalah sebutan ” amaq ” bagi kaum laki-laki yang telah menikah, sedangkan perempuan adalah ”inaq “.

Di Lombok, nama kecil akan hilang atau tidak dipakai sebagai nama panggilan kalau mereka telah berketurunan. Nama mereka selanjutnya adalah tergantung pada anak sulungnya mereka. Seperti contoh di atas untuk lebih jelasnya contoh lainnya adalah bila si B lahir sebagai cucu, maka mamiq A dan Inaq A akan dipanggil Papuk B. panggilan ini berlaku untuk golongan Pruangse dan Bulu Ketujur. Meraka dari golongan Ningrat Mamiq A dan Mamiq lale A akan dipanggil Niniq A.

b.    Sistem Kekerabatan
Sistem kekerabatan di Tolot-tolot khususnya dan lombok selatan pada umumnya adalah berdasarkan prinsip Bilateral yaitu menghitung hubungan kekerabatan melalui pria dan wanita. Kelompok terkecil adalah keluarga batih yang terdiri dari Ayah, Ibu, dan Anak. Pada masyarakat lombok selatan ada beberapa istilah antara lain :
1)      Inaq adalah panggilan ego kepada ibu.
2)      Amaq adalah panggilan ego kepada bapak.
3)      Ari adalah panggilan ego kepada adik perempuan atau adik laki-laki.
4)      Kakak adalah panggilan ego kepada saudara sulung laki-laki ataupun perempuan.
5)      Oaq adalah panggilan ego kepada kakak perempuan atau laki-laki dari ibu dan ayah.
6)      Saiq adalah panggilan ego kepada adik perempuan atau laki-laki dari ayah atau ibu.
7)      Tuaq adalah panggilan ego kepada adik laki-laki dari ayah atau ibi.
8)      Pisak adalah panggilan ego kepada anak dari adik/kakak dari ibu.
9)      Pusak adalah panggilan ego kepada anak dari adik/kakak dari ayah.

Untuk masyarakat kaum kerabat di tolot-tolot pada khususnya dan lombok selatan pada umumnya mencakup  10 generasi ke bawah dan 10 generasi ke atas tersebut sebagai berikut :

Generasi ke Bawah
Generasi ke Atas
1.      Inaq/amaq
1.      Anak
2.      Papuk
2.      Bai
3.      Balok
3.      Balok
4.      Tate
4.      Tate
5.      Toker
5.      Toker
6.      Keletuk
6.      Keletuk
7.      Keletak
7.      Keletak
8.      Embik
8.      Embik
9.      Mbak
9.      Ebak
10.  Gantung Siwur
10.  Gantung Siwur

(Sumber : Daliem, Mimbarman, ” Lombok Selatan Dalam Pelukan Adat Istiadat Sasak” 1981-1982)


c.    Prosedur dan Prinsip-Prinsip Penyelesaian Konflik
Dalam menyelesaikan konflik melalui sedikitnya 3 fase, yaitu :
1)      Pihak yang dihadiri bersengketa mengemukakan masalahnya masing-masing dengan dihadiri pula dengan saksi-saksi yang meringankan atau yang memberatkan.
2)      kemudian masing-masing anggota kerame memberikan fatwa berdasarkan hukum adat dan fatwa agama kepada yang bersangketa agar bersedia berdamai atau menaati hukum adat yang berlaku.
3)      Setelah proses pemeriksaan (musyawarah) selesai, maka akan diakhiri dengan pemberian keputusan, yaitu keputusan berupa perdamaian (soloh) atau penjatuhan hukuman.Kesepakatan damai (soloh) tersebut sangat mengikat baik individu yang bersengketa mauoun terhadap masyarakat dan oleh karena itu acapkali keputusan

“Soloh “ mempunyai kekuatan hukum yang sangat kuat karena acap kali dijadikan landasan hukum oleh pengadilan. Keputusan lain yang mungkin dijatuhkan oleh “Kerama” adalah dengan pemberian hukuman berupa denda dengan mempergunakan standar uang bolong (kepeng) dan hewan atau dedosan. Sedangkan bagi masyarakat yang melakukan kesalahan besar seperti Ngeletuhing Jagad-meresahkan dunia, misalnya perzinaan, penduruan, dan lain-lain, maka hukumannya berupa diasingkan dari masyarakat (eteh selon).Pemeriksaan atau persidangan kasus-kasus oleh Krama Desa dilakukan secara terbuka dimana seluruh anggota kerama dan masyarakat boleh menyaksikan baik tua maupun muda, pria maupun wanita, dan benar-benar dilaksanakan secara kekeluargaan, suasana silaturrahmi, tidak memihak, dan cepat serta sederhana.

Faktor yang mempengaruhi masyarakat menyelesaikan konfliknya kepada pranata kultural, yaitu :
1.      Penghormatan kepada sistem nilai hukum adat dan nilai-nilai agama yang meresap di sanubari masyarakat Sasak yang dikenal sebagai masyarakat yang patuh dan taat beribadah dan pulaunya dijuluki “Pulau Seribu Masjid”
2.      Adanya penghormatan yang tulus dan tinggi kepada pemuka agama (Tuan Guru). Pemuka adat dan masyarakat (Penghulu Desa) yang akan mampu menyelesaikan konfliknya secara damai dan jujur.
3.      Untuk menjaga hubungan silaturrahmi dan menjaga hubungan agar tidak terputus.
4.      Menghindari adanya istilah kalah dan menang dalam perkara yang dapat merugikan kedua belah pihak.

d.   Prosedur dan Tata cara Perkawinan Suku Sasak
Pada saat resepsi perkawinan, dimana perempuan apabila mereka mau dinikahkan oleh seorang lelaki maka yang perempuan harus dilarikan dulu kerumah keluarganya dari pihak laki laki, ini yang dikenal dengan sebutan meracik atau selarian.
Caranya cukup sederhana, gadis pujaan itu tidak perlu memberitahukan kepada kedua orangtuanya. Bila ingin menikah, gadis itu dibawa. Mencuri gadis dengan melarikan dari rumah menjadi prosesi pernikahan yang lebih terhormat dibandingkan meminta kepada orang tuanya. Ada rasa ksatria yang tertanam jika proses ini dilalui. Namun jangan lupa aturan, mencuri gadis dan melarikannya biasanya dilakukan dengan membawa beberapa orang kerabat atau teman. Selain sebagai saksi kerabat yang dibawa untuk mencuri gadis itu sekalian sebagai pengiring dalam prosesi itu. Dan gadis itu tidak boleh dibawa langsung ke rumah lelaki, harus dititipkan ke kerabat laki-laki.
Setelah sehari menginap pihak kerabat laki-laki mengirim utusan ke pihak keluarga perempuan sebagai pemberitahuan bahwa anak gadisnya dicuri dan kini berada di satu tempat tetapi tempat menyembunyikan gadis itu dirahasiakan, tidak boleh diketahui keluarga perempuan. 'Nyelabar', istilah bahasa setempat untuk pemberitahuan itu, dan itu dilakukan oleh kerabat pihak lelaki tetapi orangtua pihak lelaki tidak diperbolehkan ikut.
Rombongan 'nyelabar' terdiri lebih dari 5 orang dan wajib mengenakan berpakaian adat. Rombongan tidak boleh langsung datang kekeluarga perempuan. Rombongan terlebih dahulu meminta izin pada Kliang atau tetua adat setempat, sekedar rasa penghormatan kepada kliang, datang pun ada aturan rombongan tidak diperkenankan masuk ke rumah pihak gadis. Mereka duduk bersila dihalaman depan, satu utusan dari rombongan itu yang nantinya sebagai juru bicara menyampaikan pemberitahuan.
Setelah selesai proses pernikahan, pihak keluarga lelaki akan mengadakan pesta perkawinan ataupun di sebagian tempat kedua belah pihak akan megadakan pesta kemudian di pernhujung hari pesta pihak keluarga lelaki akan membawa rombogan sebanyak mungkin dengan berpakaian adat dan diiringi musik tradisional untuk mengiringi kedua mempelai bentandang ke rumah keluarga perempuan. dan setelah segalanya selesai pihak kelurga lelaki sekali lagi akan bertandang kerumah penganti perempuan sekali lagi untuk berkenal-kenalan dengan anggota keluarga perempuan. Maka sempurnalah adat perkawinannya.


6.    Sistem Pengetahuan Suku Sasak
Suku Sasak mempunyai pengetahuan yang didapatkan turun temurun dari nenek moyang mereka tentang pembuatan lantai dari rumah mereka khususnya rumah adat mereka atau dengan kata lain sistem pengetahuan pada Suku Sasak erat kaitanya dengan pengetahuan yang berkaitan dengan adat dan kebudayaan suku Sasak. Seperti contoh dalam lantai rumah mereka dibuat dari tanah liat yang dicampur dengan kotoran kerbau dan jerami. Campuran tanah liat dan kotoran kerbau membuat lantai tanah mengeras, sekeras semen. Kemudian contoh lain mengenai pembuatan rumah adat suku sasak yang tempat dan waktunya itu tidak dilaksakan dengan sembarangan tetapi harus berdasarkan adat dat kebudayaan melalui pengetahuan yang telah diwariskan oleh nenek moyang mereka.

7.    Sistem Kesenian Suku Sasak
Masyarakat Suku Sasak merupakan salah satu dari sekian ribu suku yang tak kalah kreatif, banyak hasil-hasil karya suku tersebut selain dari sisi kerajinan maupun yang bernilai kesenian yang bersifat menghibur.
a.         Tari gandrung merupakan tari pergaulan muda mudi dan bersifat hiburan, struktur penyajiannya terbagi menjadi empat bagian:
1)      Bapangan mengambarkan seorang gadis yang ingin menarik perhatian lawan jenisnya dengan memperlihatkan kemampuannya sendiri.
2)      Tangis penggambaran perasaan rindu pada seorang untuk diajak berkomunikasi, diungkapkan lewat lirik lagu. Penepekan, memilih seorang yang disenangi untuk diajak menari, calon penari yang terpilih dinyatakan dengan sentuhan kipas oleh penari gandrung.
3)      Pengibingan, yaitu menari bersama antara penari dengan penonton yang ditepek atau terkena kipas. Penari memakai busana kain panjang baju , kemben, gelung, ampok-ampok, bapang dan membawa property kipas, pada bagian gelung dilengkapi dengan semacam senjat dari bambu yang diruncingkan, gunanya untuk melindungi dari gangguanpasangan menari yang nakal.

b.      Gendang beleq Merupakan alat musik tabuh yang berbentuk bulat panjang, biasanya digunakan pada saat tradisi nyongkolan, gendang belek juga dilengkapi dengan gon, terumpaq dan seruling.

c.       Peresean

Presean adalah salah salah satu kekayaan budaya bumi gogo rancah (lombok). Acara ini berupa pertarungan dua lelaki Sasak bersenjatakan tongkat rotan (penjalin) serta berperisai kulit kerbau tebal dan keras (ende).Petarung biasa disebut pepadu. Presean bermula dari luapan emosi para prajurit jaman kerajaan taun jebot (dahulu kala) sehabis mengalahkan lawan di medan perang. Acara tarung presean ini juga diadakan untuk menguji keberanian/nyali lelaki sasak yang wajib jantan dan heroik saat itu.
Uniknya dari pertarungan presean, pesertanya tidak pernah dipersiapkan secara khusus.Pepadu atau petarung dicomot (diambil) dari penonton yang mau adu nyali dan ketangguhan mempermainkan tongkat rotan dan perisai yang disediakan.Penonton/calon peserta bisa mengajukan diri atau dipilih oleh wasit pinggir (pakembar sedi). Setelah mendapat lawan, pertarungan akan dimulai dan dimpimpin oleh wasit tengah (pekembar).
Duel dua pepadu diadakan dalam lima ronde, pemenangnya ditentukan oleh hasil nilai yang diperoleh atau salah satu pepadu bocor kepala, bedarah-darah, atau kibar bendera putih.
Uniknya, di sela-sela pertarungan para pepadu plus para wasit harus menari jika musik dimainkan.Mungkin maksudnya untuk melepas ketegangan selama jalannya pertandingan. Tarian rotan dari Lombok ini  sudah dikenal masyarakat Sasak secara turun temurun. Awalnya merupakan sebuah bagian dari upacara adat  yang menjadi ritual untuk memohon hujan ketika kemarau panjang. Sebuah tradisi-yang dalam perkembangan kemudian-sekaligus berfungsi sebagai hiburan yang banyak diminati.Sebagai salah satu upaya melestarikan budaya daerah, Presean Lombok pun mulai sering dilombakan. Pertandingan diakhir dengan salam dan pelukan persahabatan antar petarung. Tanda tiada dendam dan semua hanyalah permainan.

8.    Problematika Kebudayaan Suku Sasak
Nilai budaya yang berkaitan dengan hubungan antar manusia,  terdapat tiga kemungkinan, yaitu: nilai budaya yang lebih mementingkan hubungan vertikal antara manusia dengan sesamanya. Nilai budaya seperti ini dicirikan oleh kecenderungan masyarakat berpedoman pada tokoh-tokoh masyarakat,  orang-orang yang dianggap senior atau orangorang yang menjadi atasannya. Berikutnya adalah nilai budaya yang lebih mementingkan hubungan horizontal antara manusia dengan sesamanya; dimana manusia merasa sangat tergantung kepada sesamanya, sehingga senantiasa menjaga hubungan baik dengan sesamanya. Nilai budaya seperti ini dicirikan oleh menonjolnya aktivitas masyarakat dalam kegiatan gotong royong dan tolong menolong. Selain itu, ada nilai budaya yang tidak membenarkan bahwa manusia hidup harus tergantung pada orang lain. Masyarakat dengan nilai budaya seperti ini sangat individualis, mandiri, dan senantiasa berusaha mencapai tujuannya dengan sedikit mungkin melibatkan orang lain.
a.       Pengaruh Pariwisata Terhadap Budaya Lokal
Pariwisata adalah perjalanan dari satu tempat ke tempat lain, bersifat sementara, dilakukan perorangan maupun kelompok, sebagai usaha mencari keseimbangan atau keserasian dan kebahagiaan dengan lingkungan hidup dalam dimensi sosial, budaya, alam, dan ilmu (Spillane,1987:21).
Perkembangan pariwisata berpengaruh positif dan signifikan terhadap budaya lokal, dimana terlihat pada pariwisata dapat memacu motivasi kreativitas untuk berkarya lebih inovatif dan lebih variatif sesuai dengan kebutuhan pariwisata dan meningkatnya persaingan bisnis. Dapat mengetahui budaya dari berbagai negara terutama melalui berbagai pesanan karya seni selain yang di hasilkan oleh masyarakat lokal. Dan berpengaruh negatif, yang terlihat pada masyarakat yang dulunya hidup sederhana menjadi pola hidup konsumtif, di mana masyarakatnya hampir semua menerapkan pola hidup mewah dan pola hidup instan dalam mengejar prestise, dan berkurangnya sifat kebersamaan karena adanya pengaruh budaya barat terutama tuntutan dari pengerjaan kerajinan modern yang lebih bersifat individual tidak seperti dalam pengerjaan kerajinan tradisional yang lebih bersifat komunal atau secara berkelompok.
Pada masyarakat lokal Suku Sasak nilai budaya yang berkembang sebelum masuk pariwisata, cenderung lebih mementingkan hubungan horizontal, dibandingkan hubungan vertikal atau individual. Dalam banyak hal memang masyarakat masih banyak tergantung pada orang-orang yang ditokohkan, seperti tokoh agama yang disebut ”Tuan Guru” atau ”Ustaz” atau tokoh-tokoh adat yang disebut ”keliang”  atau tokoh-tokoh formal, seperti Kepala Desa, Camat atau Bupati. Namun ketergantungan masyarakat terhadap tokoh-tokoh masyarakat tersebut, masih dalam lingkup terbatas, yaitu pada bidang kegiatan yang dilakukan oleh tokoh-tokoh masyarakat itu. 
Dalam kehidupan sehari-hari; masyarakat lebih mementingkan hubungan horizontal yang terlihat dari aktivitas gotong royong dan tolong menolong yang dilakukan. Untuk mendapatkan gambaran tentang aktivitas gotong royong dan tolong menolong, sebelum dan setelah berkembang pariwisata, dapat disimak dari penuturan Djohan Bachry (46 tahun, Dosen Fakultas Pertanian yang pernah melakukan penelitian di Kawasan Senggigi) berikut : ”menyangkut solidaritas sosial atau saling tolong menolong antara  sesama warga tidak banyak mengalami perubahan antara sebelum dengan setelah berkembang pariwista. Misalnya jika salah seorang warga mengalami kematian, maka solidaritas sosial muncul secara spontan. Hal ini ditunjukkan melalui kepedulian untuk turut terlibat dalam proses penanganan masalah yang berhubungan dengan kematian tersebut. Bila warga mendengar kematian salah seorang warga, maka sudah menjadi tradisi ibu-ibu akan pergi melayat ke rumah ”ahlul musibah” dengan membawa segantang beras yang dalam istilah lokal disebut ”belangar”. Sementara kaum pria dewasa akan melibatkan diri dalam pembuatan keranda jenazah yang disebut ”korong batang”, kemudian memandikan jenazah, mensholatkan, dan mengantarnya ke pemakaman. Solidaritas sosial terus berlanjut sampai sembilan malam, yaitu melakukan acara tahlilan di rumah duka. Solidaritas sosial seperti ini masih berlanjut sampai sekarang. Hal yang mengalami pergeseran atau perubahan yang cukup signifikan adalah pada cara menyikapi kematian tersebut. Dulu sebelum masuk pariwisata, kalau ada warga yang meninggal dunia, maka warga sekampung tidak dibenarkan bahkan ditabukan untuk bekerja ke luar kampung. Tapi sekarang, hal tersebut tidak terlalu mengikat; yang masih mengikat adalah kewajiban untuk turut dalam acara pemakaman dan tahlilan selama sembilan malam”.
Akibat lain dari berkembangnya pariwisata terhadap suku sasak adalah semakin melebarnya arus modernisasi yang membawa pada rusaknya moral generasi muda suku sasak karena melalui modernisasi ini sudah tampak disuku sasak dengan adanya pembangunan hotel-hotel dan kafe-kafe, bahkan sekarang pulau Lombok pun dikenal sebagai “Party Island” oleh para turis mancanegara. Pesta musik di tepi pantai, lampu-lampu disko dengan musik gemerlap pun menghiasi setiap hotel,Bar dan pantai-pantai setiap malamnya. Artinya sedikit demi sedikit Budaya hidup barat mulai menggusur tatanan hidup masyarakat khususnya generasi muda. Inilah pulau Lombok, pulau seribu mesjid. Apa yang daerah ini pertahankan dan banggakan setelah alam, budaya, agama, dan manusia telah tergadai oleh keadaan itu, belum lagi ketidak pedulian pemerintah terhadap keberlangsungan tradisi lokal Suku Sasak yang membuat semakin terkikisnya budaya Suku Sasak ini.




























BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang (masyarakat) dan diwariskan dari generasi ke generasi. Sedangkan, kebudayaan adalah sarana hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat.
Pulau Lombok  adalah sebuah pulau di kepulauan Sunda Kecil atau Nusa Tenggara yang terpisahkan oleh Selat Lombok dari Bali di sebelat barat dan Selat Alas di sebelah timur dari Sumbawa. samudra indonesaia di sebelah utara dan samudra hindia disebelah seletan.
Etnis Sasak merupakan etnis mayoritas penghuni pulau Lombok, suku sasak merupakan etnis utama meliputi hampir 95% penduduk seluruhnya. Pemeluk agama islam yang taat, dengan bahsa sasak sebagai bahasa utama dalam berkomonikasi kehidupan sehari-hari. Bermata pencaharian sebagai petani.
Di daerah lombok secara umum terdapat 3 Macam lapisan sosial masyarakat, yaitu Golongan Ningrat, Golongan Pruangse, dan Golongan Bulu Ketujur ( Masyarakat Biasa ).
Adat istiadat suku sasak dapat di saksikan pada saat resepsi perkawinan, yang dikenal dengan sebutan "Merarik" atau "Selarian".
Budaya Presean atau bertarung dengan rotan salah satu kekayaan budaya gumi (bumi) gogo rancah (lombok).  Berupa pertarungan dua lelaki Sasak bersenjatakan tongkat rotan (penjalin) serta berperisai kulit kerbau tebal dan keras (ende).Petarung disebut pepadu.Acara tarung presean ini juga diadakan untuk menguji keberanian/nyali lelaki sasak yang wajib jantan dan heroik saat itu. Awalnya merupakan sebuah bagian dari upacara adat  yang menjadi ritual untuk memohon hujan ketika kemarau panjang.



B.     Saran
Kita selaku maha siswa hendaknya dapat lebih gencar lagi dalam pembuatan karya ilmiah atau penelitian tentang kebudayaan-kebudayaan yang ada di Indonesia, karena hal tersebut merupakan salah satu dari sekian banyak upaya untuk melestarikan budaya yang ada di daratan Indonesia tercinta ini, karena jangan sampai budaya yang kita miliki diakui oleh pihak lainnya dengan alasan akibat kelalaian dan sikap ketidak pedulian kita terhadap budaya sendiri.























DAFTAR PUSTAKA

Anonim.(2013). Suku Sasak Diambang Kehancuran. Tersedia online: http://blog-fiankilimanjaro.blogspot.com/2013/11. diakses tanggal 13 April 2014
Ihsan (2012) Masyarakat dan Kebudayaan Suku Sasak, tersedian online: http://ihsangagah.blogspot.com/2012/02/masyarakat-dan-kebudayaan-suku-sasak-di.html, diakses tanggal 21 Februari 2014
Proyek Penelitian dan Pencatatan Kebudayaan Daerah (1978) Adat Istiadan Daerah Nusa Tenggara Barat, Jakarta: Balai Pustaka
(2012) Sistem Mata Pencaharian Suku Sasak : Universitas Negeri Jakarta, tersedia online di: http://unj-pariwisata.blogspot.com/2012/05/bab-v-sistem-mata-pencahariansistem.html, diakses tanggal: 21 Februari 2014
(2011) Sistem Sosial Masyrakat Sasak di Pulau Lombok, tersedia online di: http://blackbox45.blogspot.com/2011/11/sistem-sosial-masyarakat-sasak-di-pulau.html, diakses tanggal 21 Februaru 2014
(2012) Sistem Teknoligi Suku Sasak : Universitas Negeri Jakarta, tersedia online di: http://unj-pariwisata.blogspot.com/2012/05/bab-vi-sistem-teknologi-suku-sasak.html, diakses tanggal 21 Februaru 2014



19 komentar:

  1. Matur tampiasih, terbantu banget ngerjain tugasnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

      Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

      Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

      Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

      Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. makalah nya bagus, di dukung juga dengan referensi yg bnyak

    http://www.marketingkita.com/2017/08/indahnya-sebagai-sales-marketing.html

    BalasHapus
  4. Apakah Anda memerlukan kredit mendesak?

    * Transfer Sangat Cepat dan Instan ke rekening bank Anda
    Bayar kembali bulan setelah Anda mendapatkan pinjaman di bank Anda
    akun bank
    * Suku bunga rendah 2%
    * Pengembalian jangka panjang (1-30) Tahun Panjang
    * Pinjaman fleksibel dan gaji bulanan
    *. Berapa lama untuk membiayai? Setelah mengajukan pinjaman
    Anda mungkin mengharapkan jawaban awal kurang dari 24 jam
    pembiayaan dalam waktu 48 Jam setelah menerima informasi yang mereka butuhkan
    Dari kru di perusahaan pinjaman ROSSA STANLEY, kami adalah perusahaan pembiayaan berpengalaman yang menyediakan fasilitas pinjaman yang mudah, tulus, serius, korporat, legal dan publik dengan suku bunga 2%. Kami memiliki akses ke koleksi uang tunai untuk diberikan kepada perusahaan dan mereka yang memiliki rencana untuk memulai bisnis tidak peduli seberapa kecil atau besar, kami memiliki uang tunai. Yakinlah bahwa kesejahteraan dan kenyamanan Anda adalah prioritas utama kami, mengapa kami ada di sini untuk mengurus pemrosesan pinjaman Anda.

    Hubungi perusahaan pinjaman yang sah dan dapat dipercaya dengan rekam jejak layanan yang memberikan kebebasan finansial kepada PBB.
    Untuk informasi lebih lanjut dan pinjaman yang meminta untuk mendirikan bisnis Anda, membeli rumah, membeli mobil, liburan, hubungi kami melalui,

    Email Resmi: rossastanleyloancompan y@gmail.com
    Instagram Resmi: Rossamikefavor
    Twitter Resmi: Rossastanlyloan
    Facebook Resmi: bantuan rossa stanley
    CSN: +12133153118
    untuk respon cepat dan cepat.
    Silakan isi formulir aplikasi di bawah ini dan kami akan menghubungi Anda lagi, Kami tersedia 24/7

    DATA PEMOHON

    1) Nama Lengkap:

    2) Negara:

    3) Alamat:

    4) Jenis Kelamin:

    5) Status Perkawinan:

    6) Pekerjaan:

    7) Nomor Telepon:

    8) posisi di tempat kerja:

    9) Penghasilan Bulanan:

    10) Jumlah Pinjaman yang Diperlukan:

    11) Durasi Pinjaman:

    12) nama facebook:

    13) nomor Whatsapp:

    14) Agama:

    15) Tanggal lahir:

    SALAM,
    Favor Mrs.Rossa Stanley
    ROSSASTANLEYLOANCOMPANY
    Email rossastanleyloancompany@gmail.com

    BalasHapus
  5. Apakah Anda memerlukan kredit mendesak?

    * Transfer Sangat Cepat dan Instan ke rekening bank Anda
    Bayar kembali bulan setelah Anda mendapatkan pinjaman di bank Anda
    akun bank
    * Suku bunga rendah 2%
    * Pengembalian jangka panjang (1-30) Tahun Panjang
    * Pinjaman fleksibel dan gaji bulanan
    *. Berapa lama untuk membiayai? Setelah mengajukan pinjaman
    Anda mungkin mengharapkan jawaban awal kurang dari 24 jam
    pembiayaan dalam waktu 48 Jam setelah menerima informasi yang mereka butuhkan
    Dari kru di perusahaan pinjaman ROSSA STANLEY, kami adalah perusahaan pembiayaan berpengalaman yang menyediakan fasilitas pinjaman yang mudah, tulus, serius, korporat, legal dan publik dengan suku bunga 2%. Kami memiliki akses ke koleksi uang tunai untuk diberikan kepada perusahaan dan mereka yang memiliki rencana untuk memulai bisnis tidak peduli seberapa kecil atau besar, kami memiliki uang tunai. Yakinlah bahwa kesejahteraan dan kenyamanan Anda adalah prioritas utama kami, mengapa kami ada di sini untuk mengurus pemrosesan pinjaman Anda.

    Hubungi perusahaan pinjaman yang sah dan dapat dipercaya dengan rekam jejak layanan yang memberikan kebebasan finansial kepada PBB.
    Untuk informasi lebih lanjut dan pinjaman yang meminta untuk mendirikan bisnis Anda, membeli rumah, membeli mobil, liburan, hubungi kami melalui,

    Email Resmi: rossastanleyloancompan y@gmail.com
    Instagram Resmi: Rossamikefavor
    Twitter Resmi: Rossastanlyloan
    Facebook Resmi: bantuan rossa stanley
    CSN: +12133153118
    untuk respon cepat dan cepat.
    Silakan isi formulir aplikasi di bawah ini dan kami akan menghubungi Anda lagi, Kami tersedia 24/7

    DATA PEMOHON

    1) Nama Lengkap:

    2) Negara:

    3) Alamat:

    4) Jenis Kelamin:

    5) Status Perkawinan:

    6) Pekerjaan:

    7) Nomor Telepon:

    8) posisi di tempat kerja:

    9) Penghasilan Bulanan:

    10) Jumlah Pinjaman yang Diperlukan:

    11) Durasi Pinjaman:

    12) nama facebook:

    13) nomor Whatsapp:

    14) Agama:

    15) Tanggal lahir:

    SALAM,
    Favor Mrs.Rossa Stanley
    ROSSASTANLEYLOANCOMPANY
    Email rossastanleyloancompany@gmail.com

    BalasHapus
  6. Saya sangat bersyukur kepada Ibu Fraanca Smith karena telah memberi saya
    pinjaman sebesar Rp900.000.000,00 saya telah berhutang selama
    bertahun-tahun sehingga saya mencari pinjaman dengan sejarah kredit nol dan
    saya telah ke banyak rumah keuangan untuk meminta bantuan namun semua
    menolak saya karena rasio hutang saya yang tinggi dan sejarah kredit rendah
    yang saya cari di internet dan tidak pernah menyerah saya membaca dan
    belajar tentang Franca Smith di salah satu blog saya menghubungi franca
    smith konsultan kredit via email:(francasmithloancompany@gmail.com) dengan
    keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada awal tahun ini tahun dan
    harapan datang lagi, kemudian saya menyadari bahwa tidak semua perusahaan
    pinjaman di blog benar-benar palsu karena semua hautang finansial saya
    telah diselesaikan, sekarang saya memiliki nilai yang sangat besar dan
    usaha bisnis yang patut ditiru, saya tidak dapat mempertahankan ini untuk
    diri saya jadi saya harus memulai dengan membagikan kesaksian perubahan
    hidup ini yang dapat Anda hubungi Ibu franca Smith via email:(
    francasmithloancompany@gmail.com)

    BalasHapus
  7. Nama saya Rahma Henny dari Ajman di Dubai UAE, saya adalah korban penipuan di tangan pemberi pinjaman, saya ditipu $ 3.000 karena saya membutuhkan pinjaman $ 90.000 untuk modal usaha dan hutang. Saya frustrasi saya tidak punya tempat untuk pergi, dan bisnis saya hancur dalam proses.

    Itu semua terjadi pada bulan Maret 2019, sampai saya bertemu orang-orang daring yang bersaksi tentang pemberi pinjaman nyata Mrs. GRACE ALEXANDER jadi saya mengajukan pertanyaan dan dia memperkenalkan saya kepada seorang ibu GRACE yang baik yang akhirnya membantu saya mendapatkan pinjaman tanpa jaminan $ 90.000 dengan suku bunga rendah. di perusahaan pinjaman GRACE ALEXANDER.

    Saya ingin mengambil kesempatan ini untuk berterima kasih kepada Ny. Grace, semoga Tuhan terus memberkati Anda, Ibu Grace atas kejujuran dan perbuatan baik Anda.

    Jika Anda membutuhkan pinjaman atau pinjaman tanpa jaminan, segera hubungi ibu Grace dengan mengirim email ke (gracealexanderloancompany@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui rahmahenny45@gmail.com

    BalasHapus
  8. HARI BAIK UNTUK SEMUA ORANG!

    Nama saya Amisha Chahaya Saya dari Indonesia Saya telah mencari perusahaan pemberi pinjaman nyata selama 5 bulan terakhir, untuk membeli rumah dan membangun bisnis. Semua yang saya dapatkan adalah banyak penipuan yang membuat saya percaya mereka dengan kata-kata manis mereka. dan pada akhirnya mereka mengambil semua uang saya tanpa memberi saya imbalan apa pun,

    Harapan saya hilang, saya bingung dan kecewa, saya tidak pernah ingin melakukan apa pun dengan perusahaan pinjaman di internet, jadi saya pergi untuk meminjam uang dari teman, saya mengatakan kepadanya semua yang terjadi dan dia berkata dia bisa membantu saya, bahwa dia tahu perusahaan pinjaman yang dapat membantu saya dengan jumlah pinjaman yang saya butuhkan dengan tingkat bunga sangat rendah 2%, dia baru saja mendapatkan pinjaman dari mereka, dia mengatakan kepada saya bagaimana mengajukan pinjaman, saya melakukan apa yang dia katakan kepada saya , Saya melamar bersama mereka di Email: (mariaalexander818@gmail.com) Saya tidak pernah percaya tetapi saya mencoba dan kejutan terbesar saya adalah bahwa saya mendapat pinjaman dalam waktu 24 jam, saya tidak percaya,

    Saya sangat bahagia dan kaya lagi dan saya bersyukur kepada Tuhan bahwa perusahaan pinjaman seperti ini masih ada selama penipuan ini di mana-mana, tolong beri tahu semua orang di luar sana yang membutuhkan Pinjaman untuk mengunjungi Email mereka (mariaalexander818@gmail.com) mereka tidak akan pernah gagal,Dan hidup Anda akan berubah seperti yang saya lakukan, Jadi, berhubunganlah dengan cepat (mariaalexander818@gmail.com) hari ini dan dapatkan pinjaman Anda dari mereka, Tuhan memberkati perusahaan pemberi pinjaman Anda untuk penawaran pinjaman asli mereka. Pastikan Anda menghubungi Peminjam untuk pinjaman Anda karena saya berhasil mendapatkan pinjaman dari perusahaan ini tanpa tekanan apa pun.

    MANAJER CABANG: MARIA ALEXANDER
    EMAIL: mariaalexander818@gmail.com
    HUBUNGI NUMBER: +1 (651) 243-8090
    WHATSAPP: +1 (651) 243-8090

    Silakan Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi apa pun melalui email saya: (amishachahaya8@gmail.com)

    Terima kasih semuanya mendengarkan kesaksian saya
    Semoga ALLAH memberkati Anda semua.

    BalasHapus
  9. Saya membawa salam untuk Anda dari Asia
    Saya Ibu Adhiarja Bayu dari Jakarta di Indonesia, saya seorang wanita bisnis, saya menjadi importir barang dari negara lain sampai yang terburuk terjadi pada 11 November 2017. Saya kehilangan semua yang saya miliki untuk MMM, saya tahu sebagian dari kita memiliki mendengar tentang MMM sebelum sekarang. Mereka membuat saya bangkrut, saya kehilangan semua tabungan hidup dan modal bisnis saya, saya hampir mati karena tekanan darah tinggi jika bukan karena rahmat Tuhan, saya meminta saran dari beberapa orang yang menyarankan saya untuk mendapatkan pinjaman yang saya setujui tetapi kemudian muncul pertanyaan besar bagaimana cara mendapatkan pinjaman tanpa uang untuk saya? Seorang teman saya kemudian setuju untuk membantu saya dengan sejumlah uang sehingga saya bisa mendapatkan pinjaman, saya diperkenalkan ke beberapa perusahaan pinjaman online dan beberapa perusahaan keuangan tetapi mereka membawa saya ke dalam hutang lebih dari membantu saya, saya menyerah sampai suatu hari saya bertemu teman lama saya di Surabaya Indonesia. kami adalah teman baik di kampus, saya dipaksa untuk berbagi masa-masa sulit saya dengannya dan Anda tidak akan percaya dia mendapatkan pinjaman online sebelum dia memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman yang sama (JULIANA LOANS COMPANY) dan itulah cara saya diselamatkan. Ya saya harus bersaksi di seluruh Asia dan di luar perusahaan mana pun yang akan menyelamatkan saya dari kesulitan keuangan itu. Karena sulit untuk percaya mendapatkan pinjaman Rp1.000.000.000 dari internet dalam waktu kurang dari 96 jam, surga terkenal karena begitu banyak pemberi pinjaman di luar sana adalah penipu, menipu Anda dari uang hasil jerih payah Anda, bisakah Anda percaya saya kehilangan semua Rp17 juta My Teman memberi saya untuk mendapatkan pinjaman sekitar Rp. 900.000.000 dari seorang wanita di Turki tanpa mendapatkan pinjaman.
    Saya tahu beberapa warganegara saya telah menjadi korban seperti saya, tolong, jika ada di antara Anda yang membutuhkan pinjaman dalam bentuk apa pun, silakan hubungi teman saya SERENAH HUDSON VIA serenahhudson007@gmail.com yang memperkenalkan saya pada PINJAMAN JULIANA.
    untuk informasi Anda juga dapat menghubungi JULIANALOANS@GMAIL.COM
    WHATSApp +1 (678) 881-8428
    ATAU DIRI DI ADHIARJABAYU@GMAIL.COM.

    BalasHapus
  10. Nama saya Suyono Ratha, saya ingin menggunakan media ini untuk menyarankan semua orang agar berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman internet karena begitu banyak peminjam internet di sini semuanya penipu dan mereka hanya berbagi cerita untuk menipu uang Anda, saya meminta pinjaman sebesar Rp750.000,000, 00 dari seorang wanita di Turki dan saya kehilangan Rp25.000.000 tanpa mendapatkan pinjaman,

    Pada 12 Januari 2020, teman saya KABU-LAYU di tempat kerja saya memberi tahu saya bagaimana dia mengajukan pinjaman dari ACCESS LOAN FIRM dan dia akhirnya menerima pinjaman. Saya tidak pernah percaya sampai saya pergi dengannya ke bank untuk mengkonfirmasinya dan saya kagum bahwa saya telah kehilangan begitu banyak uang hanya untuk mendapatkan pinjaman untuk keluarga saya.

    Semoga Tuhan memberkati Ny. MARIA ALEXANDER atas apa yang telah dia lakukan pada saya dan keluarga saya, saya memberi tahu teman-teman saya untuk memperkenalkan saya kepada seorang ibu yang baik. 750.000,000.00
    Saya mematuhi syarat dan ketentuan pinjaman perusahaan dan permohonan pinjaman saya disetujui untuk saya tanpa tekanan dan kesulitan.

    Akhirnya, saya menerima pinjaman di rekening bank saya dan saya menelepon teman saya KABU-LAYU untuk menerima pinjaman dan saya juga memperkenalkan banyak orang kepada Ibu MARIA ALEXANDER ibu yang baik berharap mereka juga mendapatkan pinjaman tanpa penundaan ..Saya ingin Anda yang membaca kesaksian saya menghubungi seorang ibu yang baik jika Anda membutuhkan pinjaman sehingga Anda juga akan memberikan bukti niat baik ibu yang baik.

    jadi saya menggunakan cara ini untuk memberi tahu setiap orang Indonesia dan orang lain yang pantas yang membaca kesaksian saya dan dia membutuhkan pinjaman untuk menghubungi
    Mrs. MARIA ALEXANDER via EMAIL: (mariaalexander818@gmail.com) (Whatsapp: + 1 651-243-8090)
    Anda masih dapat menghubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut melalui EMAIL: suyonoratha@gmail.com

    Anda juga dapat menghubungi teman saya KABU-LAYU melalui EMAIL-nya: kabulayu18@gmail.com
    terima kasih sekali lagi untuk membaca kesaksian saya, dan semoga Tuhan terus memberkati kita dan memberi kita kehidupan dan kemakmuran.

    BalasHapus
  11. Saya sangat bersyukur kepada Ibu Fraanca Smith karena telah memberi saya
    pinjaman sebesar Rp900.000.000,00 saya telah berhutang selama
    bertahun-tahun sehingga saya mencari pinjaman dengan sejarah kredit nol dan
    saya telah ke banyak rumah keuangan untuk meminta bantuan namun semua
    menolak saya karena rasio hutang saya yang tinggi dan sejarah kredit rendah
    yang saya cari di internet dan tidak pernah menyerah saya membaca dan
    belajar tentang Franca Smith di salah satu blog saya menghubungi franca
    smith konsultan kredit via email:(francasmithloancompany@gmail.com) dengan
    keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada awal tahun ini tahun dan
    harapan datang lagi, kemudian saya menyadari bahwa tidak semua perusahaan
    pinjaman di blog benar-benar palsu karena semua hautang finansial saya
    telah diselesaikan, sekarang saya memiliki nilai yang sangat besar dan
    usaha bisnis yang patut ditiru, saya tidak dapat mempertahankan ini untuk
    diri saya jadi saya harus memulai dengan membagikan kesaksian perubahan
    hidup ini yang dapat Anda hubungi Ibu franca Smith via email:(
    francasmithloancompany@gmail.com)

    BalasHapus
  12. Selamat siang semuanya !!!
    Nama saya adalah Tuan Rashid Husaen dan saya berasal dari Jawa Barat, Indonesia dan saya berbicara sebagai salah satu orang paling bahagia di dunia saat ini dan saya berkata pada diri sendiri bahwa pemberi pinjaman menyelamatkan keluarga saya dari situasi buruk kami, saya akan memberitahukan namanya kepada World dan saya sangat senang mengatakan bahwa keluarga saya kembali selamanya karena saya membutuhkan pinjaman sebesar Rp. 300.000.000 untuk memulai hidup saya karena saya adalah seorang ayah tunggal dengan 5 anak dan dunia sepertinya mengandalkan saya ketika saya mencoba untuk mendapatkan pinjaman. Dari bank dan bank online menolak pinjaman saya, mereka mengatakan bahwa penghasilan saya rendah dan saya tidak memiliki jaminan untuk pinjaman jadi saya online dan hal-hal menjadi lebih sulit karena mereka merobek uang saya dengan janji manis untuk membantu saya

    Sampai saya melihat pos ibu Nyonya Maria dari sebuah blog dan saya memohon padanya, dia memberi saya semua syarat dan ketentuan dan saya setuju dan dia mengejutkan saya dengan pinjaman yang mengubah hidup saya dan keluarga saya, dan pada awalnya saya berpikir ini tidak akan mungkin karena pengalaman masa lalu dan janji-janji palsu saya tetapi mengejutkan saya, saya menerima pinjaman saya sebesar Rp. 300.000.000,00 dan saya akan menyarankan siapa pun yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi ibu Maria Alexander kata-katanya, melalui email: (Mariaalexander818@gmail.com) karena mereka adalah pemberi pinjaman yang paling memahami dan baik. siapa pun yang menginginkan pinjaman atau cara mendapatkan pinjaman asli, harus menghubungi Via

    email: (mariaalexander818@gmail.com)
    whatsapp: (+1 651-243-8090) Viber; (+1 651-243-8090)

    Anda dapat menghubungi saya Mrs. Rashid untuk informasi lebih lanjut (rashidhusaen18@gmail.com)

    Allah Maha Besar
    Terima kasih semuanya

    BalasHapus
  13. Salam kepada semua warga negara Indonesia, nama saya Andika Enny, TOLONG, saya ingin membagikan kesaksian hidup saya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Tuhan sangat mendukung saya melalui ibu yang baik, MARIA ALEXANDER. Setelah beberapa waktu mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan ditolak, jadi saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya ditipu dan saya kehilangan lebih dari 40 juta Rupiah dengan pemberi pinjaman yang berbeda setelah membayar sejumlah biaya dan tidak mendapatkan pinjaman. Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan seorang teman saya Kabu layu yang kemudian memperkenalkan saya kepada Ibu MARIA ALEXANDER, seorang pemberi pinjaman di perusahaan bernama ACCESS LOAN FIRM sehingga teman saya meminta saya untuk melamar dari ibu MARIA, jadi Saya mengumpulkan keberanian dan menghubungi Ibu MARIA.

    Saya mengajukan pinjaman 3 milyar Rupiah dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui tanpa tekanan dan semua pengaturan dibuat pada transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pinjaman transfer saya hanya diberi tahu untuk mendapatkan perjanjian lisensi aplikasi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari 48 jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya dikreditkan dengan jumlah 3 miliar. Saya sangat senang bahwa Tuhan akhirnya menjawab doa saya dengan memesan pinjaman saya dengan pinjaman asli saya, yang memberi saya keinginan hati saya. mereka juga memiliki tim ahli yang akan memberi tahu Anda tentang jenis bisnis yang ingin Anda investasikan dan cara menginvestasikan uang Anda, sehingga Anda tidak akan pernah bangkrut lagi dalam hidup Anda. Semoga ALLAH memberkati Mrs. MARIA ALEXANDER untuk membuat hidup saya mudah, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. MARIA melalui email: (mariaalexander818@gmail.com) atau (Whatsapp: + 1 651-243-8090) untuk pinjaman anda

    Akhirnya, saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian sejati hidup saya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa agar Tuhan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Sekali lagi nama saya ANDIKA ENNY, Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: (andikaenny0@gmail.com)

    BalasHapus
  14. Salam kepada semua warga negara Indonesia, nama saya Andika Enny, TOLONG, saya ingin membagikan kesaksian hidup saya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Tuhan sangat mendukung saya melalui ibu yang baik, MARIA ALEXANDER. Setelah beberapa waktu mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan ditolak, jadi saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya ditipu dan saya kehilangan lebih dari 40 juta Rupiah dengan pemberi pinjaman yang berbeda setelah membayar sejumlah biaya dan tidak mendapatkan pinjaman. Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan seorang teman saya Kabu layu yang kemudian memperkenalkan saya kepada Ibu MARIA ALEXANDER, seorang pemberi pinjaman di perusahaan bernama ACCESS LOAN FIRM sehingga teman saya meminta saya untuk melamar dari ibu MARIA, jadi Saya mengumpulkan keberanian dan menghubungi Ibu MARIA.

    Saya mengajukan pinjaman 3 milyar Rupiah dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui tanpa tekanan dan semua pengaturan dibuat pada transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pinjaman transfer saya hanya diberi tahu untuk mendapatkan perjanjian lisensi aplikasi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari 48 jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya dikreditkan dengan jumlah 3 miliar. Saya sangat senang bahwa Tuhan akhirnya menjawab doa saya dengan memesan pinjaman saya dengan pinjaman asli saya, yang memberi saya keinginan hati saya. mereka juga memiliki tim ahli yang akan memberi tahu Anda tentang jenis bisnis yang ingin Anda investasikan dan cara menginvestasikan uang Anda, sehingga Anda tidak akan pernah bangkrut lagi dalam hidup Anda. Semoga ALLAH memberkati Mrs. MARIA ALEXANDER untuk membuat hidup saya mudah, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. MARIA melalui email: (mariaalexander818@gmail.com) atau (Whatsapp: + 1 651-243-8090) untuk pinjaman anda

    Akhirnya, saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian sejati hidup saya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa agar Tuhan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Sekali lagi nama saya ANDIKA ENNY, Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: (andikaenny0@gmail.com)

    BalasHapus
  15. Hari yang baik untuk semua warga negara Indonesia, nama saya Nurul Yudianto, tolong, saya ingin berbagi kesaksian hidup saya yang sebenarnya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman pinjaman di internet

    Setelah beberapa waktu berusaha mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan terus ditolak, saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman secara online tetapi saya curang dan kehilangan Rp18,7 juta, kepada seorang wanita di saudi arabia dan Nigeria.

    Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan teman saya Nyonya Rika Nadia (rikanadia6@gmail.com) yang kemudian memperkenalkan saya kepada Lady Esther, manajer Cabang dari Access Loan Firm, sehingga teman saya meminta saya untuk mendaftar dari LADY ESTHER, jadi saya Menjerit dituangkan dan dihubungi LADY ESTHER. melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Saya mengajukan pinjaman sebesar Rp250 juta dengan suku bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui dengan mudah tanpa tekanan dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pengalihan pinjaman, saya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari satu setengah jam uang pinjaman telah dimasukkan ke dalam rekening bank saya.

    Saya pikir itu adalah lelucon sampai saya menerima panggilan dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah Rp250 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan telah menjawab doa-doa saya dengan buku pinjaman dengan pinjaman asli saya, yang telah memberi saya keinginan hati saya.

    Semoga Tuhan memberkati LADY ESTHER untuk mewujudkan kehidupan yang adil bagi saya, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) atas pinjaman Anda

    Akhirnya saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya yang sebenarnya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa kepada Tuhan untuk melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: (nurulyudianto2@gmail.com) Salam

    BalasHapus
  16. Saya Suryanto dari Indonesia di Kota Palu, saya mencurahkan waktu saya di sini karena janji yang saya berikan kepada LADY ESTHER PATRICK yang kebetulan adalah Tuhan yang mengirim pemberi pinjaman online dan saya berdoa kepada TUHAN untuk dapat melihat posisi saya hari ini.

    Beberapa bulan yang lalu saya melihat komentar yang diposting oleh seorang wanita bernama Nurul Yudianto dan bagaimana dia telah scammed meminta pinjaman online, menurut dia sebelum ALLAH mengarahkannya ke tangan Mrs. ESTHER PATRICK. (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Saya memutuskan untuk menghubungi NURUL YUDIANTO untuk memastikan apakah itu benar dan untuk membimbing saya tentang cara mendapatkan pinjaman dari LADY ESTHER PATRICK, dia mengatakan kepada saya untuk menghubungi Lady. Saya bersikeras bahwa dia harus memberi tahu saya proses dan kriteria yang dia katakan sangat mudah. dari Mrs. ESTHER, yang perlu saya lakukan adalah menghubunginya, mengisi formulir untuk mengirim pengembalian, mengirim saya scan kartu identitas saya, kemudian mendaftar dengan perusahaan setelah itu saya akan mendapatkan pinjaman saya. . Lalu saya bertanya kepadanya bagaimana Anda mendapatkan pinjaman Anda? Dia menjawab bahwa hanya itu yang dia lakukan, yang sangat mengejutkan.

     Saya menghubungi Mrs ESTHER PATRICK dan saya mengikuti instruksi dengan hati-hati untuk saya, saya memenuhi persyaratan mereka dan pinjaman saya disetujui dengan sukses tetapi sebelum pinjaman dipindahkan ke akun saya, saya diminta membuat janji untuk membagikan kabar baik tentang Mrs. ESTHER PATRICK dan itulah mengapa Anda melihat posting ini hari ini untuk kejutan terbesar saya, saya menerima peringatan Rp350.000.000. jadi saya menyarankan semua orang yang mencari sumber tepercaya untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. ESTHER PATRICK melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) untuk mendapatkan pinjaman yang dijamin, Anda juga dapat menghubungi saya di Email saya: (suryantosuryanto524@gmail.com)

    BalasHapus
  17. Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

    Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

    Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

    Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

    Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

    BalasHapus
  18. KESAKSIAN TENTANG BAGAIMANA SAYA MENDAPAT PINJAMAN DARI PERUSAHAAN KEUANGAN ASLI MINGGU TERAKHIR. Email untuk tanggapan segera: Whatsapp +19292227023 drbenjaminfinance@gmail.com

    Saya Nyonya, Leores J Miguel dengan nama, Saya tinggal di Amerika Serikat, yang telah menjadi korban penipuan begitu banyak pemberi pinjaman palsu secara online antara November tahun lalu hingga Juli tahun ini, tetapi saya sangat berterima kasih kepada pencipta saya sehingga dia akhirnya tersenyum pada saya dengan mengarahkan saya kepada pemberi pinjaman baru ini yang membuat saya tersenyum di tahun 2020 ini dan dia tidak menipu saya dan juga dengan tidak menipu atau membohongi saya dan teman-teman saya tetapi bagaimanapun perusahaan pemberi pinjaman ini adalah BENJAMIN PINJAMIN LOAN INVESTMENTS FINANCE (drbenjaminfinance @ gmail.com) memberi saya pinjaman 2% yang jumlahnya $ 900.000,00 dolar Amerika Serikat setelah saya menyetujui syarat dan ketentuan perusahaan mereka dan satu hal penting yang saya sukai dari perusahaan pinjaman ini adalah mereka cepat dan unik. {Dr.Benjamin Scarlet Owen} juga dapat membantu Anda dengan penawaran pinjaman yang sah. Dia juga membantu beberapa rekan saya yang lain. Jika Anda membutuhkan pinjaman asli tanpa biaya / tekanan, dia adalah pemberi pinjaman yang tepat untuk menghapus masalah dan krisis keuangan Anda hari ini. BENJAMIN PINJAMIN LOAN INVESTMENTS FINANCE menyimpan semua informasi tentang cara mendapatkan uang dengan cepat dan tanpa rasa sakit melalui Whatsapp +19292227023 Email: drbenjaminfinance@gmail.com

    Ketika datang ke krisis keuangan dan pinjaman maka BENJAMIN PINJAMIN LOAN INVESTMENTS FINANCE adalah tempat yang harus dituju tolong katakan padanya Saya Ny. Leores Miguel mengarahkan Anda Semoga Sukses ....

    BalasHapus